a.openpanel {display:block;width: 100% ;height: 30px ;padding:0px 0px;text-align:center;font- weight:bold;line-height:30px;background: #9E9E9E ;-webkit- transition: all .15s ease-in-out;-webkit-transform-origin: 50% 1px;position:relative;} a.openpanel em {width:0px;height:0px;display:block;position:absolute;top:15px; right:15px;border:6px solid transparent;border-top- color:white;} a.openpanel.active {background-color:#;} a.openpanel.active em {top:6px;border color:transparent transparent white transparent;} div.paneline {height:0px;-webkit-transition: all .15s ease-in- out;-webkit-transform-origin: 50% 1px;} div.openclosePanel {padding:10px 20px 20px;margin:0px 0px !important;}

Minggu, 12 Mei 2013

GAMBARAN UMUM PT. PRAKARSA TANI SEJATI



    PT Prakasa Tani Sejati berdiri pada tahun 1991 yang merupakan Perkebunan Besar Swasta Nasional (PBSN) Bumi Raya Utama Group (BRUG) sebagai perusahaan inti yang menjalankan usaha perkebunan kelapa sawit.
            Pembangunan kebun dimulai pada tahun 1992 dengan penanaman pertama pada bulan maret 1993. berdasarkan kebijakan pemerintah, pembangunan perkebunan diarahkan untuk menjadikan pelengkap yang mampu mewadahi perkembangan kewiraswastaan petani perkebunan kearah usaha yang rasional.
            Ada 2 pola perkebunan yang diterapkan  di PT Prakasa Tani Sejati, yaitu pola perkebunan Inti dan Kredit Koperasi Primer Anggota (KKPA). Perbedaan antara kedua pola ini adalah pada kebun KKPA pengelolaan perkebunan dilakukan oleh anggota KKPA dengan bimbingan perusahaan, sedangkan kebun Inti dikelola sepenuhnya oleh perusahaan.
            Dari luas izin areal 20.000 ha direncanakan seluas 20% (4000 ha) untuk kebun plasma bagi masyarakat sekitar perkebunan melalui program KKPA. Tahun  2003-2009 telah dilakukan konversi terhadap  1.072  kk  dengan luasan masing-masing kk 2 ha. Masyarakat penerima kebun plasma adalah masyarakat yang telah berdomisili sekitar Sungai Daka 142 kk, Sempurna 245 kk, Bayur Rempangi 239 kk, Merumbuk 154 kk dan Randau 242 kk. Tenaga kerja yang bekerja diperusahaan diambil dari masyarakat setempat sesuai dengan Peraturan Daerah yang mengatur bahwa perusahaan wajib menerima karyawan dari masyarakat setempat sekurang-kurangnya 35 % dari jumlah keseluruhan karyawan atau tenaga kerja. Akan tetapi, sumber daya manusia masyarakat setempat masih belum memenuhi target dan kriteria yang diperlukan di perusahaan. Oleh karenanya, tenaga kerja masih didatangkan dari daerah lain dengan sistem kontrak demi memenuhi dan menjalankan roda perusahaan.
            Karyawan kontrak dipimpin oleh seorang kepala rombongan yang bertanggung jawab langsung kepada perusahaan dan karyawan. Jumlah tenaga kerja tetap di PT Prakasa Tani Sejati sampai bulan desember 2009 ini secara keseluruhan berjumlah 1.888 orang dan ditambah dengan karyawan tidak tetap beberapa orang.
            Tingkat pendidikan karyawan SD 318 orang, SMP 540 orang, SMA 973 orang, Diploma 19 Orang dan Strata (1) 38 orang. PT Prakasa Tani Sejati dibagi kedalam beberapa Estate dan setiap Estate membawahi beberapa divisi. Masing-masing Estate diimpin oleh seorang Estate Manager. Dalam pelaksanaan kegiatan operasionalnya PT Prakasa Tani Sejati bekerjasama dengan beberapa kontraktor.
Bidang pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor meliputi sarana pengangkutan buah, pembukaan lahan, pengankutan pupuk dan lain-lain.
Pelaksanaan pemupukan dilakukan setelah perusahaan mendapatkan rekomendasi pemupukan dari Badan Peneliti Kelapa Sawit (BPKS) Medan. Untuk pengadaan pupuk perusahaan mendatangkan pupuk dari berbagai sumber yang disalurkan melalui Bumi Raya Utama Group yang ada di Indonesia maupun Malaysia. Di PT Prakasa Tani Sejati, produk yang dihasilkan masih berupa kernel dan CPO.untuk proses selanjutnya perusahaan menjualnya pada pihak lain. PT Prakasa Tani Sejati memiliki satu Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit (PKS) yang terletak di Estate Central dengan kapasitas 40 ton TBS per jam. Untuk pengolahan limbah perusahaan sudah memiliki pengolahan limbah tersendiri yang sesuai dengan AMDAL yang ramah lingkungan. Apalagi dalam waktu dekat ini akan dibangun pabrik yang khusus mengelola tandan kosong yang akan dibuat menjadi bahan utama pembuatan pupuk. Pembangunan pabrik tankos sudah berjalan dan sampai saat ini pembangunan masih terus dilanjutkan untuk sesegera mungkin diselesaikan dan difungsikan sebagaimana mestinya.

Sumber :
http://zaifbio.wordpress.com/2011/06/17/laporan-praktek-magang-di-kelapa-sawit/

2 komentar:

  1. Kepada Yth :

    Bapak / Ibu Direksi – Vendor Managements

    Hal : PERMOHONAN KERJASAMA

    Lampiran : 1 (satu)

    Dengan hormat,
    Bersama surat ini ijinkanlah kami memperkenalkan "PT. Alvindo Putra Mandiri di Jakarta, dengan Brand Name : (“APM Logistics Group”) yang bergerak dalam bidang “ Courier Express Delivery -Cargo Distribution Intermodal – Export Import Air/Sea Borne Trade – Project Logistics Transportation - Multiline Terminal – Ports Acitivities” untuk pengiriman dan angkutan - Pendistribusian barang baik melalui transportasi darat, laut atau udara keseluruh kota dan daerah di Indonesia.

    Dalam rangka pengembangan usaha perseroan di Jakarta,DKI,maka kami mohon kiranya (“APM Logistics Group”) dapat ditunjuk sebagai salah satu rekanan/mitra usaha kerjasama keagenan handling bidang-bidang kegiatan tersebut diatas secara timbal balik dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Kamipun siap ditunjuk untuk mewakili kepentingan perusahaan bapak/ibu dalam mengurus semua kegiatan yang diperlukan tersebut bagi terlaksananya pengiriman atau penyampaian barang kiriman ketujuan:

    Sumatera - Jawa - Kalimantan - Bali - Aceh & sekitarnya termasuk kota dan daerah transit yang kami layani saat ini P.Sabang NAD - P.Seumelu NAD dll.

    Untuk informasi lebih lanjud dapat menghubungi kami di Telpon:

    [ 021- 8087 8699 Faxc: 021- 8087 8497 atau E-mail: alvindo67@yahoo.com ]

    Demikian surat permohonan kami semoga dapat terciptalah kerjasama kemitraan handling yang baik, tak lupa kami mengucapkan terima kasih.

    Jakarta,
    Hormat Kami,

    PT. ALVINDO PUTRA MANDIRI
    Jl. Perindustrian No.5A Halim Perdana Kusuma 13650
    Jakarta INDONESIA

    Telepon : +62-21- 8087 8699
    Facsimile : +62-21- 8087 8497
    E-Mail : alvindo67@yahoo.com

    AZHARY
    Hp: 0812 8055 4444 - 0816 7696 86
    E-mail: azharycargo@gmail.com

    BalasHapus